Memasarkan
produk baru memang tidak mudah, apalagi jika produk tersebut belum dikenal
masyarakat. Dibutuhkan modal atau biaya pemasaran yang cukup besar, serta
perjuangan dan strategi pemasaran khusus agar produk tersebut mengena dihati
konsumen.
Selain
bagaimana caranya menarik minat konsumen, para pemula juga harus menghadapi
persaingan bisnis dari pengusaha lain yang telah memasarkan produk terlebih
dulu.
Hal
ini menjadi tantangan yang cukup besar, bagi para pelaku usaha. Sebab untuk
berhasil
memasuki sebuah pasar, mereka harus memiliki strategi untuk menarik
minat konsumen.
Sebaiknya ciptakan produk yang memiliki kelebihan tersendiri
dibandingkan produk lainnya. Sehingga konsumen bisa tertarik dan mengenali
produk baru yang Anda tawarkan.
Disamping
menciptakan produk yang lebih unggul, masih ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan untuk mengenalkan konsumen pada produk baru, antara lain sebagai
berikut :
1. Lakukan
riset pasar, untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar sebuah produk. Jika
hasil penelitian menunjukan hasil yang cukup positif, maka Anda tidak perlu
ragu lagi untuk memasarkan produk baru tersebut. Namun bila riset menunjukan
kurangnya minat dari konsumen, sebaiknya lakukan evaluasi dan berikan nilai
lebih pada produk Anda. Sehingga produk tersebut mudah diterima oleh pasar.
2. Jeli
terhadap kebutuhan konsumen. Mencoba pasar baru dengan menawarkan produk yang
dibutuhkan konsumen, merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat ampuh
untuk menarik minat konsumen. Karena dengan adanya kebutuhan tersebut, daya
beli konsumen akan semakin meningkat. Termasuk daya beli terhadap produk baru
yang memberikan solusi untuk masalah mereka.
3. Buat
kegiatan promosi yang efektif. Kegiatan promosi menjadi hal yang sangat penting
untuk mengenalkan produk baru, setidaknya perhatikan faktor pendukung STP
(segmentation, targeting, positioning)
dan marketing mix (produk, price, place dan promotion). Ini dimaksudkan
agar kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasar yang telah
ditentukan. Strategi promosi yang dapat dilakukan antara lain menjaga kualitas
produk, menawarkan harga yang bersaing, memilih lokasi usaha yang strategis,
memberikan bonus atau potongan harga pada saat launching produk.
4. Selanjutnya
berikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen. Karena pelayanan yang baik,
menjadi salah satu faktor pendukung untuk menciptakan produk yang berkualitas.
Semakin baik pelayanan yang Anda berikan, maka semakin luas pula pasar Anda.
Begitu juga sebaliknya jika pelayanan yang Anda berikan buruk, konsumen pun
akan begitu cepat meninggalkan produk Anda.
Strategi
pemasaran bagi produk baru, juga berpengaruh besar terhadap penjualan produk.
Sebab kesan pertama yang diperoleh konsumen dari sebuah produk baru, akan
menentukan penilaian mereka terhadap image produk tersebut. Demikian informasi
pemasaran bisnis untuk pekan ini, semoga dapat bermanfaat dan salam sukses.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar