Pengusaha Chairul Tanjung menyebutkan satu kunci kesuksesan
yang menjadi acuan bisnisnya. Kunci sukses tersebut adalah membeli masa depan
dengan harga sekarang. Maksudnya, seorang pengusaha harus bisa membaca tren
masa depan.
Demikian disampaikan Chairul dalam acara Global
Enterpreneurship Week di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (12/11/2012).
"Setelah lebih 20 tahun jadi pengusaha, saya bisa
memberi tahu satu hal untuk sukses. Anda akan sukses kalau anda bisa beli masa
depan dengan harga sekarang. Caranya harus mengetahui tren apa yang akan
terjadi, kalau mengetahui tren dan membelinya sekarang maka akan sukses,"
ujar Bos CT Corp ini.
Chairul mengambil contoh, Tirto Utomo, pemilik merek air
mineral Aqua.
"Tahun 70-an, air minum tidak diperjualbelikan. Tirto
Utomo, percaya air akan diperjualbelikan, dia jual air lebih mahal dari bensin.
Hari itu orang pikir dia orang gila. Sekarang, mau beli air mineral di warung
saja bilangnya Aqua, walaupun yang dikasih merek lain," ceritanya.
Untuk itu, pengusaha yang masuk jajaran orang terkaya di
Indonesia versi Forbes ini mengatakan dengan melihat perkembangan ekonomi di
mana pendapatan per kapita masyarakat akan mencapai US$ 10 ribu, gaya hidup
masyarakat akan berubah. Para wirausaha harus mampu memperkirakan perubahan
gaya hidup ini untuk menentukan bisnis yang akan dijalani.
"Jadi nanti jangan jual beras, nanti orang makin kaya,
konsumsi beras kurang, karena takut makin gemuk, makin cepet mati, takut dia,
tapi jual daging karena konsumsinya nanti akan meningkat," tandasnya.
Sumber :
finance.detik.com (nia/dru)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar